HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Begini Cara Ampuh Mengatasi Hama Pada Tanaman Vanili


Tanaman Vanili yang merupakan penghasil bubuk vanili yang biasanya dijadikan pengharum sebuah makanan. Bubuk buah vanili dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong-polongan. Tanaman vanili ditemukan pertama kali oleh orang-orang suku Indian di Meksiko, yang merupakan negara asal tanaman Vanili tersebut.

Biar kita lebih mengenal dengan tanaman vanili maka dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas tentang berbagai macam Hama dan penyakit Pada tanaman Vanili , tapi sebelum itu saya akan memberikan penjelasan sedikit pengetahun tentang apa itu Hama dan penyakit.

# Baca juga Cara Ampuh Mengatasi Hama Pada Tanaman Kedelai

Pada saat budidaya tanaman terkadang tanaman yang kita tanam ditemukan layu dan mati bahkan kadang tanpa sebab yang jelas nah dalah hal ini dimungkinkan tanaman sedang terjangkit hama atau penyakit pada tanaman yang kita tanam. Jika tanaman yang kita tanam terserang penyakit atau hama jikapun tanaman masih bisa bertahan hidup tapi kemungkinan besar akan mengurangii hasil produksi dari tanaman tersebut. Sehingga petani yang awalnya sudah memiliki perhitungan matang antara biaya produksi atau biaya tanam menjadi tidak tepat sehingga menimbulkan banyak kerugian bahkan bisa dikalatan gagal total.

Tentu tidak jauh berbeda dengan budidaya atau menanam tanamna vanili. Berbagai hama dan penyakit bisa saja menyerang dan merusak tanaman vanili kita sehingga petani menjadi rugi. Untuk mengantisipasi hal tersebut butuh kiranya petani memiliki pengetahuan tentang hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman vanili serta bagaimana cara menanggulanginya. minimal sebagai pengetahuan dasar sebelum memulai usaha pertanian tanaman Vanili. Dengan harapan pertanian tanaman vanili menjadi tumbuh dengan baik sehingga tanaman berproduksi dengan baik pula sehingga pada akhirnya petani juga yang akan diuntungkan.

Berikut adalah beberapa macam  macam hama hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman vanili serta cara pengendaliannya:
Yang pertama adalah hama bekicot. Hama ini biasanya menyerang serta merusak batang tanaman vanili, selain batang biasanya bunga serta buah tanaman vanili juga tidak luput dari serangan hami ini jika tanaman sudah dewasa. Hama ini biasanya menyerang pada saat waktu dimalam hari. Cara mengendalikan tanaman vanili yang terserang hama bekicot bisa dengan cara manual dengan mengambil serta mengumpulkan hama bekicot tersebut satu persatu dengan ditempatkan didalam satu wadah kemudian dibakar.

Selain hama bekicot yang kedua adalah hama Belalang. Hama Belalang ini pada umumnya menyerang tanaman vanili sehingga merusak bagian daun serta batang daun vanili yang masih muda. Pengendalian yang bisa dilakukan oleh petani adalah dengan menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk mengusir hama belalang.

Selanjutnya adalah hama penggeret Batang vanili yang bisa merusak dengan cara menggerek batang tanaman vanili yang kemudian menyebabkan tanaman Vanili lama kelamaan menjadi layu daunnya dan kemudian mati. Cara mencegahnya dengan memberikan pestisida yang sesuai dengan anjuran para pakar pertanian yang dapat mengusir hama pengerat tersebut.

# Jangan lewatkan Tips Jitu Mengatasi Hama Pada Tanaman Padi

Ulat Bulu juga menjadi ancaman yang serius untuk tanaman vanili. Ulat bulu ini biasanya menyerang dan merusak bagian pucuk, daun, batang serta bunga pada tanaman vanili. Pengendalian hama ulat bulu juga bisa dilakukan dengan memberikan semprotan pestisida sesuai dengan yang dianjurkan leh para pakar pertanian.

Selain terserang oleh hama tanaman vanili juga biasanya terserang penyakit busuk pada akar tanaman dengan gejala yang ditimbulkan antara lain seperti akar jadi menghitam, tanaman Vanili menjadi berwarna kecoklat-coklatan yang kemudian mati kasus busuk akar biasanya terjadi pada saat menjelang produksi. Cara penanganan tanaman yang terserang penyakit akar busuk ini biasanya dengan memberikan kapur secukupnya namun kami sangat menganjurkan petani bisa mengantisipasi dengan cara menjaga tingkat kesuburan tanah dengan pemupukan dan mengatur kelembapan tanaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Ampuh Mengatasi Hama Pada Tanaman Vanili"

Posting Komentar