HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hati-Hati!! Inilah Hama yang Biasa Menyerang Pada Tanaman Apel Anda


Tanaman buah Apel ialah jenis tanaman buah-buahan, atau buah yang diproduksi dari pohon buah apel. Buah apel biasanya memiliki warna merah  kulitnya jika masak dan  (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini mempunyai berbagai biji di dalamnya.
Masyrakat mulai mengenal tanaman ini di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak wilayah di dunia yang  suhu udaranya lebih dingin. Tanaman ini memiliki nama ilmiah dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Buah tanaman apel lebih baik dimakan dalam keadaan masih mentah, dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel.
Pengenalan dan Pengendalian Hama di Tanaman Apel

(1). Kutu Daun
Hama kutu daun ini menyerang daun pada tanaman apel yang masih muda, tangkai, cabang, dan juga bunga. Hama ini menyerang tanaman dengan menghisap cairan yang berada di dalam bagian yang diserang. Akibat serangan ialah terdapat daun yang mengkriting, pembungaan terlambat, dan buah-buah yang mudah gugur. Serangan yang hebat menjadikan tanaman tidak menghasikan buah.
*Hama Apa yang Bisa Menyerang Pada Tanaman Zodia?? Yuk Mari Cari Tau!!

(2). Kutu Sisik
Hama kutu sisik menyerang buah pada tanaman sehingga buah menjadi bercak-bercak merah yang mengakibatkan turunnya kualitas dan kuantitas hingga 40%. Pengendalian dilakukan dengan melakukan pengecatan batang tanaman dengan bubur kalifornia.

(3).Tungau (Panonychusulmi)
Hama Tungau menyerang daun yang muda, daun tua, dan juga buah. Serangan hebat ditandai dengan terdapat bercak kuning, buram, coklat, dan mongering didaun. Pengandalian dilakukan dengan menggunakan akar isi dan berbahanaktif dicofol, propagate, dancyhexatin. Pengendalian semetode alami dilakukan menggunakan musuh alami yaitu Coccinellidae dan Lycos andalan tungau predator.

(4)Thrips
Hama ini menyerang  tanaman pada bagian daun yang masih muda dan dibuah yang sudah mekar. Serangan ini menjadikan daun menjadi menebal, kedua sisi menggulung keatas, dan pertumbuhan daun menjadi tidak normal. Serangan dibuah yang masih kecil menjadikan bekas luka berwarna coklat keabu-abuan. Musuh alami yang bias digunakan untuk pengendalian thrips ialah Coccinellidae.

(5). Ulat Daun
Hama ulat daun menyerang tanaman semetode berkelompok. Disaat baru menetas, ulat-ulat menggerek daun sehingga daun berlubang tidak teratur dan diakhirnya hanya tinggal tulang daunnya. Pengendalian dilakukan semetode mekanis dengan metode membuang kelompok telur. Kelompok telur terkadang hanya berada disatu helaian daun. Pengendalian semetode kimia bias dilakukan dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif metamidofos.

(6). Serangga Penghisap Daun
Hama ini menyerang tanaman pada bagian daun muda, tunas, dan buah dengan metode menghisap cairan yang ada di dalamnya. Waktu serangan umumnya berlangsung dipagi atau sore hari. Tanda-tanda terlihat ditunas yang menjadi berwarna coklat, kering, dan mati. Dibuah menjadikan buah menjadi bercak coklat, nekrosis. Ketika buah sudah berkembang menjadi lebih besar, bercak akan mudah pecah sehingga kualitas buah menurun. Pengendalian semetode kimia dilakukan dengan insektisida berbahan aktif asefat dan metomil dan dilakukan dipagi atau sore hari.
*Info harga terupdate tentang plastik-plastik pertanian silahkan Anda klik DISINI

(7). Penggerek Buah Apel
Hama ini menyerang buah tanaman apel. Buah yang terserang akan berlubang sebesar  1-2 mm. pengendalian mesti segera dilakukan untuk mencegah gagal panen. Pengendalian bias dilakukan dengan penyemprotan insektisida sebelum hama bertelur di dalam buah. Insektisida yang digunakan berbahan aktif asefat. Penyemprotan dilakukan disaat mahkota bunga sudah luruh dan dilakukan selanjutnya setiap seminggu sekali.

(8). Lalat Buah
Hama lalat buah menyerang tanaman sehingga menjadikan buah menjadi busuk. Pengendalian difase pupa dan lava sulit dilakukan karena difase tersebut hama berada di dalam buah dan dalam tanah. Pengendalian dilakukan difase dewasa ialah yang paling mudah dilakukan. Pengendalian bias dilakukan dengan mengumpulkan buah yang terserang kemudian membakarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-Hati!! Inilah Hama yang Biasa Menyerang Pada Tanaman Apel Anda"

Posting Komentar