HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Apa Sajakah Hama Pada Tanaman Anggur?


Anggur iyalah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk kedalam keluarga Vitace ae. Buah ini terkadang digunakan untuk membuat  jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga diketahui karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolism tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan terdapat senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini mulai dibudidayakan pada tahun 4000 sebelum masehi di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru di ketahui ditahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya berbagai waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas keberbagai penjuru dunia, mulai dari wilayah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan terdapat perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.
#Baca juga Ini Dia 10 Macam Hama & Penyakit Tanaman Vanili

Ada berbagai jenis hama dan jenis penyakit tanaman anggur. Sama halnya dengan tanaman atau pohon – pohon lainnya khususnya tanaman yang dibudidayakan, pohon anggur juga terserang hama dan penyakit. Di bawah ini iyalah hama dan penyakit tanaman anggur.

Anggur iyalah satu dari sekian tanaman yang hidup diwilayah dataran rendah. Tanaman anggur ini tidak sama dengan tanaman padaumunya, tanaman anggur ini bahkan membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4 sampai7 bulan agar bias tumbuh dengan baik dengan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan bias mengganggu proses pembuahannya. Suhu untuk tumbuh maksimal iyalah 31oC dan suhu minimum iyalah 23oC dengan kelembapan udara berkisar antara 75 sampai dengan 80%.

Hama Tanaman Anggur antara lain yaitu:

1. PhylloxeraVitifolia
Tanaman anggur terserang hama jenis ini pada semua umur baik tanaman yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akibat yang ditimbulkannya iyalah kering dan mati. Bagian tanaman yang diserang iyalah daun dan akar tanaman semetode langsung.Tanda-tanda umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak sepertikutil. Letak hama PhylloxeraVitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.

2. Kumbang Apogonia Destructor
Kumbang Apogonia destructor berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang iyalah daun anggur saat waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor iyalah mudah tertarik oleh sinar lampu.

3. Kutu Putih
Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini iyalah bias menjadikan pucuk/tunas menjad ikerdil.

4. Ulat Daun
Mirip seperti namanya hama ulat ini menyerangtanaman pada bagian daun. Sehingga daun tanaman rusak dan tanaman anggur mati.

5. Rayap
Hama rayap ini menggerogoti akar tanaman yang masih muda yang akhirnya tanaman menjadi layu dan akhirnya mati.
*Jangan lewatkan Inilah Beberapa Hama Yang Biasa Menyerang Tanaman Sayuran

6. Burung, Kalong, Tupai dan Musang
Menyerang buah yang mulai masak untuk dijadikan makanannya.

Metode memberantas hama anggur yang tepat iyalah dengan menyemprotkan insektisida dibagian yang terkena hama yang dilakukan semetode rutin dan dihentikan menjelang masa petik. Khusus untuk hama jenis ini kita bias melakukan penyiraman insektisida di sekeliling tanaman. Penyiraman bias dilakukan sebelum tanam, setelah tanam/setelah panen. Sedangkan untuk mmemberantas hama berupa hewan hewan iyalah dengan memakai jebakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Sajakah Hama Pada Tanaman Anggur?"

Posting Komentar