HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Berbagai Jenis Hama Pada Tanaman Hias

Mengenal Berbagai Jenis Hama Pada Tanaman Hias- Siapa yang tak suka tanaman hias karena keindahannya bisa memanjakan setiap mata yang memandang. Sehingga tidak jarang banyak rumah-rumah yang ditanami tanaman hias dengan alasan keindahan, namun tidak semua orang ternyata sukses memperindah rumah yang ditempatinya dengan menanam tanaman hias bahkan sebagian kadang mengeluh dan putus asa dikarenakan tanaman hias yang dibeli dengan harga mahal malah menjadi santapan hama dan banyak yang rusak bahkan mati.

Alih-alih ingin mendapatkan suasana pemandangan yang indah dan hati senang tapi malah sebaliknya. Namun kami menyarankan jangan berputus asa dulu karena setiap permasalahan pasti ada solusi untuk jalan keluarnya. Maka dari itu, tidak salah jika pecinta tanaman hias mengetahui jenis hama apa saja yang biasanya menyerang tanaman hias. Dibawah ini kami mencoba merangkum hama tanaman hias untuk anda kenal dan pelajari prilakunya sehingga bisa ditangani masalahnya.

1). Hama Kutu putih
hama kutu putih ini lebih sering menyerang tanaman hias yang berada di dataran rendah dibandingkan dengan di dataran tinggi. Hama ini termasuk hama yang ditengarai paling sering ditemukan menggangu tanaman hias. Tanaman hias yang terserang hama ini biasanya pertumbuhan terhambat untuk mengatasinya cukup dengan cara menyemprotkan laruan deterjen cair dengan dosis satu sendok makan deterjen cair dilarutkan kedalam satu liter air bersih.

2). Hama Ulat
Hewan yang satu ini sering ditemukan di tanaman hias. Letaknya dibawah daun atau di ketiak ranting. Tanaman hias yang diganggu hama ini biasanya daun mudanya tidak utuh alias rombeng dari pinggir bekas keratin si ulat. Selain menyerang daun terdapat juga ulat yang menyerang batang tanaman hias. Tentu jenis ulatnya berbeda. Untuk menangani hama ulat ini bisa dilakukan secara manual dengan cara mengambil hama ulat tersebut dengan tangan dan membuangnya ketempat yang telah disediakan atau bisa juga dengan cara menyemprotkan cairan insektisida secara bertahap apabila serangan hama ulat sudah sangat massif dan sulit untuk dikendalikan dengan manual.

BACA JUGA
3). Hama Belalang
Belalang memiliki prilaku yang hampir sama dengan ulat dalam hal mengganggu tanaman hias yaitu dengan memakan daun tanaman hias sehingga kelihatan rombeng dan tidak utuh. Hama ini sebenarnya bisa ditanagani dengan mudah yaitu hanya denagn menangkatnya satu persatu belalang tersebut namun jika jumlahnya sudah terlalu banyak pastilah kita kewalahan sehinga bisa saja diatasi dengan menyemprotkan obat pengusir belalang.

4). Hama Kutu Perisai
Masih seputar hama tanaman hias yang menyerang bagian daun tanaman yaitu kutu perisai. Nah hewan kutu ini biasanya hidup berkoloni dengan membentuk garis lurus seperti barisan di bagian tualng daun. Persis dengan namanya kutu perisai ini memiliki bentuk fisik seperti perisai pada belakang punggungnya. Untuk mengatasi hama tanaman ini bisa dengan insektisida sistemik dan bahan aktif.

5). Hama Kutu Sisik
Hama tanaman yang satu ini juga sama menyerang tanaman hias bagian daun, bagian batang muda, pelepah daun dan bunga. Hama yang dikelanl dengan nama kutu sisik ini bentuknya mirip lintah dengan ukuran jauh lebih kecil dari lintah. Apabila hama ini menyerang sebuah tanaman maka daun tanaman tersebut akan kelihatan keriting dengan berwarna kuning setealh itu layu dan akhirnya mati.

6). Hama Keong
Hama ini bentuknya mirip dengan siput dengan ukuran kecil tanpa cangkang. Menyerang tanaaman hias dengan gejala hamper sama dengan gejala yang ditimbulkan oleh tanaman yang terserang hama ulat dan belalang. Namun tidak seganas dan secepat belalang dikarenakan pergerakan hama keong jauh sangat lambat. Keong yang tanpa cangkang ini lebih sering berkeliaran di waktu malam hari sehingga mekanisme pengendaliannya bisa dilakukan dimalam hari.

Demikian pembahasan kita tentang Mengenal Berbagai Jenis Hama Pada Tanaman Hias, semoga bermanfaat. Untuk memperoleh hasil maksimal dalam budidaya tanaman hias sebaiknya menggunakan greenhouse. Jika Anda membutuhkan plastik uv greenhouse silahkan hubungi kami di SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Berbagai Jenis Hama Pada Tanaman Hias"

Posting Komentar