HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

4 Jenis Hama Tanaman Hidroponik & Cara Jitu Memberantasinya

Hama tanaman memang sangat mengganggu. Masalah hama tanaman ini juga dapat terjadi pada tanaman hidroponik. Hama tanaman hidroponik ini tentu saja membuat anda rugi. Kualitas tanaman yang dihasilkan pun menurun. Anda akan sering menemukan tanaman yang cacat dan layu. Bahkan ada juga tanaman yang enggan tumbuh karena terserang hama tersebut. Hama tanaman itu sendiri ada beragam jenis.

Agar masalah hama tanaman tidak semakin memperburuk keadaan. Anda harus segera mengatasinya. Atasi masalah hama tanaman tersebut dengan tepat dan tuntas. Anda juga harus bisa mencegahnya datang kembali. Tiap jenis hama tanaman tersebut memiliki cara pengendalian tersendiri. Buat anda yang mau mengenali apa saja hama tumbuhan hidroponik tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, anda simak saja ulasannya dibawah ini.

Hama Tanaman Hidroponik

Berikut ini adalah beberapa hama tanaman hidroponik dan cara mengatasinya selengkapnya untuk anda.

1). Ulat

Hama tanaman yang satu ini sudah begitu populer di kalangan petani. Ulat menjadi musuh bebuyutan bagi para petani. Ternamanya ulat ini memang tidak usah diragukan lagi. Ada banyak macam hama ulat, salah satunya yaitu ulat grayak/spodoptera litura yang seringkali menyerang tanaman cabe. Ulat jenis ini dapat memakan daun sampai benar-benar habis dalam waktu yang singkat. Hal ini tentu saja menyebabkan kemampuan fotosintetis dari tanaman cabe menjadi terganggu. Dengan begitu, perkembangan tumbuhan cabe menjadi terhambat.

2). Tungau (Mite)

Tungau seringkali bersembunyi di balik daun tanaman. Hama tungau ini menjangkiti tumbuhan dengan cara menghisap cairan daun yang ada di dalam jaringan mesofil sampai jaringan tersebut rusak. Hal ini membuat klorofil daun menjadi rusak sehingga menghambat proses fotosintesis tanaman.

3). Thrips

Hama thrips menyerang daun tanaman khususnya daun mudanya. Hama ini adalah musuh berbahaya bagi tanaman, terutama cabe. Daun yang terjangkiti hama ini akan menjadi keriting dan menggulung ke atas yang lama-kelamaan akan mati. Serangan hama ini juga mengakibatkan bunga kering dan rontok.

Baca Juga :

Beginilah Cara Mengatasi Hama Buah Rambutan
Mengenal Tentang Herbisida
Apa Yang Dimaksud Dengan Insektisida ?
Berikut Macam - Macam Pestisida

4). Semut

Semut merupakan hama utama di pertanian. Hama ini dapat merusak tanaman dan menghambat pertumbuhannya. Jika tidak segera diatasi, bisa menyebabkan gagal panen.

Pengendalian Hama Tanaman Hidroponik

Setelah mengetahui apa saja hama hidroponik, kini anda juga perlu mengetahui bagaimana mengendalikannya. Berikut ulasannya.

1). Ulat

Tumbuhan yang terjangkiti hama ulat ini diwarnai dengan daunnya yang berlubang-lubang. Pemberantasannya yaitu dengan mengamati semua tanaman hidroponik yang terserang dan bunuh semua ulat yang ditemukan pada tanaman tersebut. Bisa juga menyemprotnya dengan Malathion.

2). Tungau

Tanaman yang terserang tungau tiba-tiba layu dan daunnya berguguran. Muncul bintik kuning di permukaan daun yang lama-kelamaan melebar dan berubah menjadi kecokelatan hingga akhirnya menghitam. Daun jadi keriting dan menggulung kearah bawah serta menebal. Bagian bawah daun menjadi berwarna seperti tembaga dan juga terdapat benang-benang putih halus. Pemberantasannya yaitu dengan membersihkan semua kumpulan-kumpulan tungau. Semprot dengan Malathion.

3). Thrips

Hama thrips menyebabkan timbulnya bercak-bercak pada daun, melepuh, dan juga mudah rontok. Pemberantasan sekaligus pencegahannya yaitu dengan membersihkan tanaman menggunakan air hangat. Anda semprot tanaman tepat pada bagian yang terserang menggunakan Malathion sekali dalam seminggu selama dua minggu.

4). Semut

Tanaman yang terserang hama semut, daunnya akan berubah menjadi kuning. Tanaman akan tumbuh tidak normal, mudah layu, serta gugur. Pemberantasannya yaitu dengan membersihkan tanaman menggunakan air hangat atau air sabun. Anda juga bisa menyemprotnya dengan Malathion.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Jenis Hama Tanaman Hidroponik & Cara Jitu Memberantasinya"

Posting Komentar